29 Mei 2013

Suara Nias

Kasus Korupsi Bantuan Bencana, Bupati Nias Selatan Diperiksa



Medan, SuaraNias.Com - Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi diperiksa penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut di kantor Kejati Sumut, Jalan AH Nasution, Medan, Selasa (28/5). Dia diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi dana cadangan/dana tak terduga untuk bantuan penanggulangan bencana di Nias Selatan pada 2011 dengan nilai anggaran Rp 5 miliar. 


Idealisman datang ke Kejati Sumut tanpa didampingi penasihat hukumnya maupun staf dari Pemkab Nias Selatan. Dia diperiksa di ruang penyelidikan Intelijen Kejati Sumut mulai pukul 13.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB.


Kedatangan Idealisman ke Kejati Sumut ini untuk memenuhi panggilan kedua tim penyidik. "Yang bersangkutan pernah kita panggil untuk diperiksa sebagai saksi pada 27 Mei, tapi dia baru datang hari in," ujar Chandra Purnama, Kasipenkum Kejati Sumut. 


Saat istirahat, Idealisman menegaskan dia diperiksa sebagai saksi. "Kalau tidak salah ada 6-7 pertanyaan seputar latar belakang mengeluarkan SK dan keputusan," ujarnya. Pemeriksaan terhadap Idealisman didasarkan pada surat perintah penyidikan Kajati Sumut Nomor Print -19/n2.1/Fd.1/04/2013 tanggal 18 April 2013. 


Langkah ini merupakan pengembangan dari perkara korupsi dana penanggulangan bencana pada BPBD Nias Selatan dengan terdakwa Arototona Menderofa yang sudah disidangkan di Pengadilan Tipikor Medan.(*)








sumber: newspoliceline.co.nr

Suara Nias

Sisara Afo Suara Nias

SuaraNias.Com merupakan media online yang berkedudukan di Kepulauan Nias, Media ini mengabarkan sejumlah informasi terhangat baik dari dalam Kepulauan Nias maupun diluar Kepulauan Nias. Ya'ahowu

Subscribe to this Blog via Email :