07 Januari 2014

Suara Nias

Korupsi BBI, Wabup Nisel Beberkan Keterlibatan Bupati ID



Medan, SuaraNias.Com - Wakil Bupati (Wabup) Nias Selatan (Nisel) Hukuasa Ndruru membeberkan keterlibatan Bupati Nisel, Idealisman Dachi, dalam kasus dugaan korupsi pengadaan lahan Balai Benih Induk (BBI), di ruang Cakra I Pengadilan Negeri Medan, Selasa (6/1/2014).


Hal itu, diungkapkannya dalam sidang agenda dengan agenda eksepsi (keberatan). Akmal Handi Ansari Nasution, sebagai kuasa hukum terdakwa Hukuasa Ndruru, membacakan eksepsi, ia mengatakan, kliennya merupakan korban dari Bupati Nisel Idealisman Dachi.


Katanya, ada jebakan yang dibuat Bupati Idealisman Dachi untuk menjebloskan Wabup Hukuasa Ndruru ke penjara.


Akmal mengatakan, banyak fakta-fakta yang terlihat bahwa ada skenario Bupati Nisel Idealisman Dachi untuk mengorbankan Hukuasa Ndruru.


"Seharusnya dalam proyek ini yang bertanggung jawab  Bupati, bukan Wakil Bupati. Tetapi penyidik tidak pernah mengusut secara mendalam soal keterlibatan Bupati ini," katanya.


Dijelaskan Akmal, skenario yang dibuat oleh Idealisman Dachi, yakni dengan mengeluarkan SK Nomor 6/2012 tentang pendelegasian kewenangannya kepada Wabup Hukuasa Ndruru dalam proyek ini. Pendelegasian kewenangan sangat aneh, kata Akmal, karena saat itu Bupati Nisel Idealisman Dachi tidak berhalangan dan dalam keadaan sehat wal afiat.


Kata Akmal sesuai aturan, pendelegasian kewenangan bisa dilakukan jika Bupati berhalangan atau keadaan sakit. "Jadi, dari sini saja, Bupati sudah punya kepentingan dalam pengadaan tanah Balai Benih Induk (BBI) itu dengan mengorbankan Wabup Hukuasa Ndruru," ucap Akmal, dihadapan majelis hakim yang diketuai Nelson Japasar Marbun.(EB)




sumber : MEDAN.COM

Suara Nias

Sisara Afo Suara Nias

SuaraNias.Com merupakan media online yang berkedudukan di Kepulauan Nias, Media ini mengabarkan sejumlah informasi terhangat baik dari dalam Kepulauan Nias maupun diluar Kepulauan Nias. Ya'ahowu

Subscribe to this Blog via Email :