18 Januari 2018

Suara Nias

Rusak 6 Tahun Lalu, Bupati Nias Selatan Resmikan SD 1 dan SD 2 Teluk Dalam



Nias Selatan, SuaraNias.Com- Kurang lebih 6 tahun gedung Sekolah Dasar Negeri No 071009 Teluk Dalam dan  Sekolah Dasar Negeri No 071009 Teluk Dalam (SD 1 dan SD 2) dihancurkan oleh pemerintah daerah sebelumnya dan numpang belajar di SMP Negeri 1 Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan propinsi sumatera utara, baru bisa terbangun tahun 2017 oleh Pemerintah Daerah era Dr. Hilarius Duha, SH.,MH dan Sozanolo Ndruru.


Gedung SD 1 dan SD 2 ini diresmikan langsung oleh Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha,SH.,MH yang dihadiri Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Ndruru, Ketua DPRD Nisel Sidi Adil Harita, S.Sos.,MA, Mewakili Kapolres Nisel Kasat Bhibmas Polres Briptu P. Silalahi, Plt. Sekda Ir. Ikhtiar Duha, MM dan sejumlah kepala perangkat daerah yaitu Kadis Pendidikan Nurhayati Telaumbanua, S.Pd.,MM, Kaban BKD Anarota Ndruru,SP, Kadis PUPR Erwinus Laia, S.Sos.,MM.,MH, Kadis Kominfo Deri Dohude, Kadis Kesehatan Megawanty You,SKM, Kadis Ketahanan Pangan Erman Jaya Buulolo,S.STP, Kadis Tarukim Drs.Faudu’asa Hulu, dan Kadis Sosial, serta tokoh masyarakat Nias Selatan Thomas Dakhi,SH,MH, Hurezame Sarumaha, Pegangan Dakhi, dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya. Peresmian Gedung ini dilaksanakan di Halaman Gedung SD 2 Jl. Baloho Indah, Rabu, (17/01/2018).


Melalui laporan panitianya, Kadis Pendidikan Nurhayati Telaumbanua, S.Pd.,MM melaporkan bahwa pada tahun 2005 nisel telah dilanda gempa  dan tsunami dan kedua SD ini telah hancur dan tidak bisa lagi dipergunakan, lalu pemda nisel pada saat itu melalui program NGO kedua sekolah ini dibangun dengan fasilitas lengkap dan gedung megah, namun pada tahun 2013 kembali dihancurkan oleh pemda untuk membangun fasilatas lainnya, mulai tahun yang berkenan Siswa SD 1 dan 2 numpang belajar di SMP N. 1 T. Dalam sampai tahun 2017 yang lalu. Jelasnya!


Pembangunan Gedung SD 1 dan SD 2 bertujuan untuk memperlancar peroses belajar mengajar baik Siswa kedua SD maupun siswa SMP N. 1 Teluk Dalam, serta menciptakan kenyamanan terhadap siswa dan guru dalam melangsungkan pembelajaran,tandas Kadis!


Anggaran Pembangunan Kedua SD ini bersumber dari APBD Nias Selatan TA. 2017 dan dilaksanakan mulai pada bulan juli dan selesai bulan desember 2017. Sehingga dalam kesempatan yang bahagia ini, harapan besar agar Bupati Nias Selatan dapat meresmikan, tambah kadis!

 

Mewakili tokoh masyarakat nisel, Thomas Dakhi, SH.,MH mengatakan bahwa masyarakat selama ini selalu bertanya-tanya, kenapa gedung SD 1 dan 2 dihancurkan dan tidak bisa terbangun, apakah mereka tidak sayang kepada siswanya, sehingga mereka numpang di SMP N. 1 Teluk Dalam kurang lebih 6 tahun lamanya?, tandas dakhi dalam sambutannya!


Namun dalam kesempatan, kami masyarakat nisel mengucapkan terimakasi kepada Bupati Dan Wakil Bupati dan salut terhadap kinerja kepemimpinan Dr. Hilarius Duha, SH.,MH dan Sozanolo Ndruru yang telah menjawab mimpi masyarakat nias selatan selama kurang lebih 6 tahun lamanya, melalui pembangunan gedung SD 1 dan 2 (17/1/18), dan selamat kami ucapkan kepada bapak dan ibu guru SD 1 dan 2 atas mendapatkan pembangunan ini, semoga bisa menjadi inspirasi dalam mendidik generasi penerus bangsa, tandanya!.


Dalam sambutannya, Ketua DPRD Nisel Sidi Adil Harita, S.Sos.,MA mengatakan bahwa beberapa tahun yang lalu ketika saya masih menjabat sebagai anggota DPRD Nisel selalu menganggarkan setiap tahunnya anggaran pembangunan SD 1 dan SD 2 ini, tentu menjadi pertanyaan besar kepada kita semua,mengapa tidak dilaksanakan?, maka saya jawab "karena tidak ada uang, sudah habis dimana dipergunakan kita sudah tahu bersama dengan semangat pembangunan Pemda pada saat itu, sehingga kita mengalami defisit, disitu pergi uang tersebut, dan kami DPRD bukan gawetnya mengekskusi, tapi hak pemda, tandas harita dengan penuh rasa kecewa"!


Seperti apa yang telah dikatakan oleh tokoh masyarakat nisel dalam sambutannya, bahwa mengapresiasi kinerja Pemda saat ini, tapi saya katakan bahwa sejak ditetapkan jadi Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan 2016 yang lalu, Pemerintahan Dr. Hilarius Duha, SH.,MH dan Sozanolo Nduru langsung memulai pembangunan yang berbasis desa, hal ini kerja nyata mulai TA. 2016 dan 2017, Pemda boleh diam, tapi pelaksanaan ada dimana-mana, bukan seperti yang dulu yang begitu heboh, tapi pelaksanaannya dibawah standar, tambah harita?


Secara kebetulan gedung SMP N. 1 Teluk Dalam yang dipakai oleh siswa SD 1 dan 2 dibelakang rumah, namun ributnya luar biasa akibat gabung itu,sehingga bisa saja PBM tidak tercapi sesuai yang diharapkan, namun dengan terbangunnya gedung ini mudah – mudahan mutu pendidikan di kedua SD ini bisa meningkat lagi, harap harita!


Dalam arahannya, Bupati Nisel Dr. Hilarius Duha, SH,.MH mengatakan bahwa pembangunan gedung SD 1 dan 2 ini bisa terbangun karena dukungan doa kita semua, dan kita ucapkan terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan ini semua adalah sebuah perjalanan, manusia yang merencanakan Tuhan yang menentukan, untuk itu semua rencana kita, kita serahkan kepada Tuhan, agar diberiNya kita keseriusan untuk melaksanakannya, tandas Duha!


Sesuai visi – misi kami pemda nisel adalah meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya adalah masalah sarana dan prasarana. Selain SD1 dan SD 2 ini, juga Pemda Nisel tahun 2017 telah merenovasi (rehab) beberapa sekolah baik SD maupun SMP, dan mudah – mudahan pada tahun 2018 ini, semua gedung Sekolah sudah baik, pinta Duha!


Sesuai apa yang telah saya sampaikan kepada Kadis Pendidikan, bahwa walaupun sekolah disetiap Kecamatan pembangunannya masih belum baik, namun minimal setiap kecamatan wajib ada satu sekolah sebagai percontohan, agar akredisnya baik dan kualitas juga baik, harap Bupati!


Harapan kita semua, mari kita menjaga, merawat pembangunan yang ada, dan jangan kita berpikir agar cepat rusak biar ada anggaran kita lagi, namun kita pikir bagaimana itu bisa bagus hingga bisa dinikmati oleh generasi berikutnya, apa gunanya sebuah gedung mewah, megah, kalo tidak dijaga kebersihannya, namun gedung kita sedang dan tetap dijaga, pasti selalu indah, harap Duha,!


Seusai menyampaikan arahannya, Bupati Nisel dan Wabup yang didampingi oleh Ketua DPRD Nisel dan Kasat Bhibmas Polres Nisel dan Kadis, serta tokoh masyarakat menandatangani prasasti dan menyerahkan kunci gedung SD 1 dan 2 kepada kedua kepala sekolah.(EB)




sumber : IGLOBALNEWS

Suara Nias

Sisara Afo Suara Nias

SuaraNias.Com merupakan media online yang berkedudukan di Kepulauan Nias, Media ini mengabarkan sejumlah informasi terhangat baik dari dalam Kepulauan Nias maupun diluar Kepulauan Nias. Ya'ahowu

Subscribe to this Blog via Email :