14 November 2019

Suara Nias

Dinas Pertanian Nisel Programkan Pengelolaan Pupuk Organik dan Pemetaan Kawasan



Nias Selatan, SuaraNias.Com - Pemerintah Kabupaten Nias Selatan di bawah kepemimpinan Bupati Hilarius Duha melalui Dinas Pertanian Kabupaten Nias Selatan tahun 2020 mendatang memprogramkan pengelolaan pupuk organik dan pemetaan kawasan.


Hal itu disampaikan Kadis Pertanian kepada wartawan di Ruang Media Center DPRD, Jalan Saonigeho Km 3, Telukdalam, Rabu (13/11/2019) usai menyepakati besaran anggaran pada dinas tersebut dengan Komisi II DPRD Nisel.


Ia menjelaskan, pengelolaan pupuk organik itu bertujuan guna mengurangi penggunaan pupuk kimia dan pemanfaatan pupuk organik juga sama hasilnya dengan pupuk kimia.


"Anggaran Dinas Pertanian Tahun Anggaran 2020 yang telah disepakati barusan dengan pihak Komisi II DPRD Nisel sebesar Rp4,6 miliar lebih. Dan ada beberapa program unggulan yang akan kita prioritaskan diantaranya, pengembangan intensifikasi tanaman padi sawah yang terdiri pengadaan bibit tanaman, pengadaan bahan obat-obatan dan pengadaan pupuk," jelasnya.


Selain itu, pihaknya menganggarkan perencanaan pembangunan unit pengelolaan pupuk organik, pemeliharaan kesejahteraan kesehatan dan kesenjangan penyakit menular rabies, belanja bahan baku lainnya seperti masker dan lain sebagainya.


"Ada juga Pembangunan jalan pertanian di beberapa wilayah, pemetaan sawah pertanian, pangan, berbasis sistem informasi, geografis," pungkasnya.


Sedangkan untuk pembangunan fisik yakni, pembangunan dam parit, pembagunan embung, pembangunan irigasi air tanah dangkal atau dalam, pembangunan longsor stop bangunan tanah area berfungsi untuk penahanan air.


"Kita telah anggarkan pengembangan tanaman pangan, meliputi pengadaan pupuk dan bibit tanaman jagung unggul, pengembangan tanaman holtikultural diantaranya pengadaan benih holtikultural, obat-obatan dan pupuk," tuturnya.


Sementara, Ketua Komisi II Asazatulo Giawa didampingi Sekwan Nisel, Firman Giawa pada kesempatan itu mengatakan bahwa program Dinas Pertanian Tahun Anggaran 2020 selalu berorientasi kepada kesejahteraan masyarakat.


"Memang dalam pembahasan tadi sempat alot, karena ada beberapa program unggulan dinas itu hanya menyentuh sebagian wilayah. namun, ke depan telah disepakati agar semua program tersebut dapat meyentuh hingga wilayah Kepulauan," katanya.


Disamping itu, besaran anggaran yang telah disepakati bersama dengan Dinas PertaniIan itu, akan disikronisasikan dengan Tim Badan Anggaran DPRD dan Tim -APD.


Ia juga berharap agar ke depan ada azas pemerataan pembangunan baik dalam sisi kelompok tani dan beberapa kegiatan lain.(*)

Suara Nias

Sisara Afo Suara Nias

SuaraNias.Com merupakan media online yang berkedudukan di Kepulauan Nias, Media ini mengabarkan sejumlah informasi terhangat baik dari dalam Kepulauan Nias maupun diluar Kepulauan Nias. Ya'ahowu

Subscribe to this Blog via Email :