21 November 2019

Suara Nias

Disbudparpora Nisel Bangun Gedung Kesenian Dan GOR


Nias Selatan, SuaraNias.Com -  Rapat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun 2020, khususnya Anggaran Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Selatan oleh Komisi II DPRD Nisel telah menyepakati beberapa Program Tahun 2020.


Hal itu disampaikan Ketua Komisi II DPRD Nisel, Asazatulo Giawa didamping Sekretaris Komisi II DPRD Nisel, Kristian Laia melalui konferensi pers yang yang digelar di Media Center DPRD Nisel, Rabu (20/11/2019) Jalan Saonigeho Km. 3 Telukdalam, yang turut dihadiri Kepala Dinas Budparpora Nisel, Anggreani Dakhi, SP.


Ketua Komisi II DPRD Nisel, Asazatulo Giawa menyebutkan beberapa item program Disbudparpora tahun 2020, diantaranya : program Pelaksanaan Surfing Konteks, Pelaksanaan Promosi Pariwisata di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Dan Pelaksanaan Festival Nias Marina,dan lainya, urainya.


“Pada tahun 2020, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Selatan mendapatkan Dana DAK sebesar Rp. 4 miliar lebih, ditambah dengan DAK non Fisik Sebesar Rp 1.116.000.000.- Kemudian Dana DAK untuk Pembangunan Gedung Olah Raga sebesar Rp.15 Miliar,” jelas Asazatulo Giawa.


Terkait Dana DAK yang didapat Disbudparpora tahun 2020, Kadis Budparpora Nisel, Anggreani Dakhi menjelaskan bahwa, Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik diarahkan ke 8 item kegiatan, salah satunya untuk program pelatihan Homestay atau pelatihan tata kelolah Destinasi Wisata, treking, serta untuk promosi Pariwisata kabupaten Nias Selatan, pungkasnya.


Sedangkan DAK Fisik adalah menyangkut pada penataan infrastruktur, seperti pembangunan jalur jalan penjalan kaki di pantai Sorake, pembangunan Gedung Kesenian di Sorake, tambatan perahu, pembangunan Gedung Olah Raga, Ujarnya.


Pada kesempatan itu, dia menyampaikan bahwa Menyangkut tentang PAD yang dihasilkan oleh kabupaten Nias Selatan di beberapa event, seperti : Nias Pro dan event Sail Nias 2019 ini, kita mendapat PAD sebesar kurang lebih Rp 2,5 Milyar. ini hanya pajak Hotel, Restoran dan mungkin parkiran, karena hanya ini yang masih ada aturan. tetapi secara detail datanya ada di Dinas Pendapatan Daerah Nisel, Ucap Anggraeni Dakhi.


Sementara dampak acara Sail Nias 2019 kemaren, perputaran uang di Kabupaten Nias Selatan kurang lebih Rp 10 Miliar, khusunya yang punya Homestay, jadi pemilik homestay tersebut tidak menyetor pajak karena belum ada aturan, Jelasnya.


Terkait agar kunjungan wisatawan khususnya di Kabupaten Nias Selatan dapat maksimal, harus masyarakat memiliki sadar wisata dan tidak Apatis, Cetusnya.


Selain itu, pada tahun 2020, Disbudparpora Nisel akan menumbuhkan tempat-tempat Pariwisata lainnya di Kabupaten Nias Selatan. untuk itu Ia berharap dukungan seluruh masyarakat, stakeholder, serta tokoh-tokoh lainya, harap Anggreani Dakhi.(*)

Suara Nias

Sisara Afo Suara Nias

SuaraNias.Com merupakan media online yang berkedudukan di Kepulauan Nias, Media ini mengabarkan sejumlah informasi terhangat baik dari dalam Kepulauan Nias maupun diluar Kepulauan Nias. Ya'ahowu

Subscribe to this Blog via Email :