22 November 2019

Suara Nias

Pemkab Nias Selatan Akan Priotaskan Bandar Udara Silambo



Nias Selatan, SuaraNias.Com - Usai penetapan rancangan peraturan daerah tentang APBD Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2020 oleh DPRD, Ketua DPRD dan Bupati Nias Selatan menggelar Konferensi Pers pada Kamis (21/11/2019) di Ruang Media Center DPRD Nisel, jalan Saonigeho KM. 3 Telukdalam. Atas Kesempatan tersebut Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH, dan Ketua DPRD Nisel, Elisati Halawa, ST, Wakil Ketua DPRD Nisel, Faatulo Sarumaha, S.IP., MM, Sekretaris DPRD Nisel, Firman Giawa, SH dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Selatan turut hadir dalam konferensi tersebut.


Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan, Elisati Halawa, ST menjelaskan bahwa, belanja langsung APBD Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2020, sekitar 58 persen dari seluruh pagu Anggaran. Artinya, keberpihakan kepada masyarakat Kabupaten Nias Selatan adalah nyata, dimana, belanja langsung lebih besar dari belanja tidak langsung.


"Kami DPRD Kabupaten Nias Selatan mengapresiasi Rancangan APBD Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2020. Pembangunan yang akan memberikan dampak besar dimasa yang akan datang adalah pembangunan Bandara Silambo yang telah dianggarkan sekitar Rp. 21,5 Milyar," tutur Elisati Halawa.


"Selanjutnya, Pembangunan Gedung Olah Raga (GOR) dengan biaya sekitar Rp. 15 Milyar. Pembangunan 3 unit Puskesmas yang sangat besar, kemudian beberapa strategi pembangunan yang menjangkau Daerah-daerah yang terisolir, contoh : pembangunan jalan menuju Kecamatan Susua, pembangunan jembatan Ulunoyo, Pembangunan jembatan Sialema di Kepulauan batu dan beberapa pembangunan lainnnya," urainya.


Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH, mengatakan "inilah keserempakkan bagaimana cara berpikir membangun Nias Selatan ini kedepan. Tentu, apa yang telah disepakati hari ini melalui Paripurna DPRD Nisel adalah tanggung jawab kita bersama, termasuk Wartawan dalam hal mengawasi kelancaran pembangunan-pembangunan itu. Sehinggga dapat berjalan dengan baik demi kepentingan masyarakat," ujarnya.


Pada kesempatan itu, beliau mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Nias Selatan, dimana proses penganggaran itu telah dilalui dengan baik mulai dari tahap pembahasan, sinkronisasi dan hingga pada tahap penetapan anggaran hari ini. Tentu apa yang telah disepakati bersama, hal itu akan disampaikan ke Gubernur untuk di Evaluasi” cetusnya.


"Saya berharap agar wartawan dapat mengawasi proses pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Nias Selatan. Dan supaya disampaikan kepada masyarakat, apapun juga peran masyarakat itu, sangat penting didalam hal proses pembangunan yang sudah ditetapkan oleh DPRD Kabupaten Nias Selatan," tungkasnya .(*)

Suara Nias

Sisara Afo Suara Nias

SuaraNias.Com merupakan media online yang berkedudukan di Kepulauan Nias, Media ini mengabarkan sejumlah informasi terhangat baik dari dalam Kepulauan Nias maupun diluar Kepulauan Nias. Ya'ahowu

Subscribe to this Blog via Email :