09 Januari 2020

Suara Nias

Kejari Nias Selatan Didesak Tuntaskan Kasus PJJ USBM


Nias Selatan,
Kejaksaan Negeri (Kejari) Nias Selatan (Nisel) didesak menuntaskan kasus pendidikan jarak jauh Universitas Setia Budi Mandiri (PJJ USBM) bekerjasama dengan Pemkab Nisel di masa kepemimpinan mantan Bupati Nisel Idealisman Dachi, yang telah merugikan negara kurang lebih Rp 5,8 miliar.

Desakan itu dikatakan Ketua DPD LSM Independen Nasional Anti Korupsi (Inakor) Suasana Harita kepada SIB, Rabu (8/1) di Telukdalam. "Dalam kasus tersebut patut diduga ada keterlibatan mantan Bupati Nisel. Pasalnya, munculnya pendidikan gratis tersebut setelah adanya MoU yang ditandatangani mantan Bupati Nisel dengan pihak USBM," katanya.


Dia juga mengingatkan agar tidak tebang pilih dalam menuntaskan kasus dugaan korupsi khususnya kasus PJJ USBM di wilayah Nisel TA 2012-2013, yang telah merugikan negara miliaran rupiah. Dalam kasus ini, beberapa pejabat sudah terjerat hukum namun aktor intelektual yang terlibat dalam MoU antara USBM dengan Pemkab Nisel belum terungkap.


Kajari Nisel Rindang Onasis kepada SIB melalui telepon selulernya, Rabu (8/1) mengatakan, pihaknya tetap komit menuntaskan kasus tersebut. "Ini lanjutan kasus lama, Desember lalu seorang mantan bendahara PZ sudah ditahan dan kini sudah dilimpahkan," ujarnya.


Rindang mengakui, adanya keterlibatan mantan Bupati Nisel dalam PJJ USBM, namun belum tentu melawan hukum. "Kasus ini terus dipelajari dan mendalaminya. Jika nanti ditemukan secara hukum ada unsur keterlibatan mantan Bupati Nisel maka kita lanjutkan," katanya.


Penuntasan kasus itu, kata dia tergantung situasi dan kondisi. "Karena dalam pengungkapan kasus ini terkadang yang kita panggil tidak datang dan menghilang sehingga itu salah satu hambatannya," pungkasnya. (N05/q)

Suara Nias

Sisara Afo Suara Nias

SuaraNias.Com merupakan media online yang berkedudukan di Kepulauan Nias, Media ini mengabarkan sejumlah informasi terhangat baik dari dalam Kepulauan Nias maupun diluar Kepulauan Nias. Ya'ahowu

Subscribe to this Blog via Email :