28 Februari 2020

Suara Nias

Dinas Pertanian Kabupaten Nias Selatan Giatkan Penanaman Jagung

Nias Selatan, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melalui Dinas Pertanian terus menggiatkan dan mendampingi para Kelompok Tani untuk melakukan penanaman jagung sebagai salah satu program pengembangan ekonomi masyarakat. 

Hal ini dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nias Selatan, Ir. Norododo Sarumaha,MM., bersama jajarannya langsung turun tangan mendampingi Kelompok Tani "Sehati" Desa Hilinamozihono, Kecamatan O'ou, pada saat penanaman jagung di atas lahan seluas 4 (empat) hektar, Rabu (27/02). Pada kegiatan ini juga turut didampingi Penyuluh Pertanian Kecamatan O'ou, Agusman Gulo dan Babinsa Koramil 10 Lolowau, Koptu Darusalam Buulolo. 

Selain mendampingi untuk memberi pemahaman tentang pola penanaman dan pemupukan yang baik, Dinas Pertanian juga membantu Kelompok Tani dengan memberikan berbagai fasilitas berupa mesin traktor roda 4, mesin perontok dan pengering jagung. Serta membantu menyediakan bibit jagung jenis Varietas Pioneer 35. Demikian disampaikan Norododo Sarumaha.

Ia menjelaskan bahwa bibit jenis varietas pioner 35 sumber anggarannya dari APBN, sedangkan kebutuhan pupuk dianggarankan dari APBD Kabupaten Nias Selatan. "Tahun 2019 ini Kabupaten Nias Selatan memperoleh benih jagung dari sumber APBN seluas 4.700 hektar (70,5 ton) bibit, dan yang telah terdistribusikan kepada kelompok Tani 2.700 hektar," papar Norododo.

Menurut Norododo beberapa kendala yang dihadapi oleh Dinas Pertanian selama ini adalah keterbatasan tenaga Penyuluh Pertanian yang hanya satu orang per Kecamatan. "Kondisi sampai saat ini jumlah tenaga penyuluh pertanian yang ada di Nias Selatan masih 35 orang dengan wilayah 35 Kecamatan. Padahal menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2016 tentang Penyuluhan, setiap Desa satu orang tenaga Penyuluh," ujar Kepala Dinas Pertanian, Norododo Sarumaha.

Menyikapi program pengembangan ekonomi tersebut, Ketua Kelompok Tani "Sehati" Kecamatan O'ou, Elizama Halawa, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan dalam hal ini Dinas Pertanian. "Dengan bantuan bibit dan fasilitas yang telah diberikan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Nias Selatan sangat memotivasi kami untuk terus membuka lahan jagung," ucap Halawa. 

Selanjutnya, Halawa menyebutkan luas lahan yang ditanami pada tahap awal itu masih empat hektar, dan tahap berikutnya empat hektar lagi dengan kondisi sedang dalam pembersihan, sehingga totalnya 8 (delapan) hektar. "Tahun lalu Kelompok Tani "Sehati" berhasil panen jagung sekitar 78 ton dengan harga 312.000.000," sebut Elizama Halawa. (diskominfonisel)


 

Suara Nias

Sisara Afo Suara Nias

SuaraNias.Com merupakan media online yang berkedudukan di Kepulauan Nias, Media ini mengabarkan sejumlah informasi terhangat baik dari dalam Kepulauan Nias maupun diluar Kepulauan Nias. Ya'ahowu

Subscribe to this Blog via Email :