27 Juli 2020

Suara Nias

Bupati Nias Selatan Cek Peralatan Penyebaran Informasi Gempa Bumi

Nias Selatan, Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., mengecek peralatan penyebaran informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami yaitu Warning Receiver System (WRS) yang terpasang di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Selatan, Senin (27/7).

Hilarius Duha dalam penyampaiannya sangat berterima kasih kepada Badan Meteorologi, Klimotologi dan Geofisika (BMKG) pusat atas peralatan WRS di Kabupaten Nias Selatan. 

"Kita mengucapkan terima kasih kepada BMKG Pusat yang telah memasangkan peralatan penyebaran informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami (WRS). Karena daerah ini termasuk rawan gempa. Sehingga dengan adanya alat ini dapat membantu masyarakat untuk memberi informasi gempa bumi," ujar Hilarius Duha yang akrab disapa HD.

Dengan ada alat tersebut, Hilarius Duha mengatakan bahwa dapat membantu percepatan penyebaran informasi kepada masyarakat Nias Selatan terutama warga yang ada di pesisir pantai sehingga bila ada bencana cepat diantisipasi dan evakuasi. 

Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Gunungsitoli, Buha Manupol Simanjuntak, S.Kom., menjelaskan alat WRS itu merupakan perangkat generasi terbaru yang merupakan terobosan baru BMKG dalam penyebaran informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami di daerah-daerah Indonesia.

"Alat ini dapat memastikan stakeholder dan pemangku kebencanaan dengan cepat mengambil langkah-langkah penanganan bencana kepada masyarakat," ujar Buha. (diskominfonisel)

Suara Nias

Sisara Afo Suara Nias

SuaraNias.Com merupakan media online yang berkedudukan di Kepulauan Nias, Media ini mengabarkan sejumlah informasi terhangat baik dari dalam Kepulauan Nias maupun diluar Kepulauan Nias. Ya'ahowu

Subscribe to this Blog via Email :