17 Juni 2020

Suara Nias

Bupati Nias Selatan Buka Akses Jalan Antara Kecamatan Fanayama Dan Onolalu

 

Nias Selatan, Bupati Nias Selatan dan Forkopimda melaksanakan gotongroyong bersama dengan warga masyarakat Desa Siwalawa, Siliwulawa, Hilikara Maha dan Hilifarokha Lawa dalam rangka membuka akses jalan antara Desa Siwalawa Kecamatan Fanayama menuju Desa Hilimondregeraya Kecamatan Onolalu, Rabu (17/06/2020).

Pembukaan akses jalan sepanjang 3 kilometer dari Desa Siwalawa menuju perbatasan Desa Hilimondregeraya disambut baik oleh masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan semangat melaksanakan gotongroyong massal, dan menghibahkan tanah dan tanamannya dengan tulus dan ikhlas demi kemajuan dan peningkatan perekonomian masyarakat. 


Kegiatan gotongroyong dilaksanakan untuk penggalian akses jalan dengan menggunakan alat berat (becco), pembersihan lahan dan penebangan pohon yang akan dilintasi pembukaan badan jalan. Sebelum dimulainya gotongroyong tersebut didahului dengan penyerahan alat gotongroyong sebagaimana disampaikan oleh Tokoh Adat, Y. Berkati Sarumaha. Ia menjelaskan makna penyerahan alat gotongroyong dalam bentuk pedang merupakan kearifan lokal dan warisan leluhur yang bernama Maha dengan marga keturunannya adalah Sarumaha. 


Kepala Desa Hilifarokha Lawa, Tasuluimbowo Sarumaha,S.Pd., selaku Koordinator Tim dari empat Desa, mengatakan pembukaan akses jalan antara Desa Siwalawa menuju Desa Hilimondregeraya adalah kerinduan masyarakat yang baru hari ini terkabulkan melalui APBD Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2020. 


“Pada saat ini kami merasa bangga dimana aspirasi kami melalui Wakil Ketua DPRD, Fa’atulo Sarumaha, dapat terakomodir dalam APBD Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2020. Hal ini kami sangat berterima kasih dan rindu kepada Bupati Nias Selatan yang bisa melayani dan turun di lapangan,” ucap Tasuluimbowo Sarumaha mewakili keempat Kepala Desa lainnya. 


Hal senada juga disampaikan oleh Tokoh Masyarakat dari keempat Desa, Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,MM., (Tuha Farokha Maniamolo) sekaligus sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan bahwa seluruh warga masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Bupati Nias Selatan yang telah berhasil membangun jalan antara Desa Siwalawa menuju Desa Onohondro Tahun Anggaran 2019 sehingga saat ini bisa dilalui kendaraan. 


“Pada hari ini lagi dimulai pembukaan akses jalan dari Desa Siwalawa menuju Desa Hilimondregeraya dimana manfaatnya akan menghubungkan antara kecamatan, juga di daerah tersebut adalah kawasan pertanian masyarakat. Sehingga kami bangga dengan kehadiran Bupati Nias Selatan bersama Forkopimda pada kegiatan gotongroyong pembukaan jalan tersebut pada hari ini,” ujar Fa’atulo Sarumaha.


Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan, Elisati Halawa, dalam sambutannya mengatakan merasa senang dan bangga, karena meskipun Siwalawa terdiri dari empat Desa tetapi selalu kompak dan hanya satu terbukti dalam pelaksanaan gotongroyong bersama pada hari ini.


“Saya merasa senang dan bangga setiap kegiatan di Siwalawa selalu kompak dan hanya satu. Hal ini telah kita rasakan bersama bagaimana bersatunya Siwalawa. Jadi seperti ini perlu digalakkan di Desa dan Kecamatan lainnya supaya ada kombinasi pengusaha, pemerintah dan masyarakat dalam bentuk bergontongroyong bersama,” kata Elisati Halawa.


Melalui arahan Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, mengatakan pembangunan adalah suatu proses yang berkelanjutan dan satu perencanaan yang baik agar uang Negara itu bisa bermanfaat bagi orang banyak. “Memang berat, tetapi saya yakin bahwa apabila semua kita lakukan dengan ketulusan dan keikhlasan pasti bisa,” ungkap Hilarius Duha. 


Lebih lanjut Bupati Nias Selatan mengungkapkan bahwa dari perjalanan dan proses-proses pembangunan yang ada pasti banyak tantangan dan banyak hambatan, itu hal biasa. "Tetapi selalu saya katakan kepada Kepala Dinas PU bahwa tidak akan menjadi hambatan terus, kalau kita kurang mampu tentu kita bisa kerjasama dengan masyarakat, Polres dan TNI," tandas Bupati Nias Selatan.


Mengakhiri arahanya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang selalu bersatu dalam melaksanakan pembanggunan. “Harapan saya pembangunan ini dapat berjalan dengan baik dan bisa selesai tepat waktu sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat,” harap Hilarius Duha.


Pada plaksanaan gotongroyong ini diselingi dengan penyerahan bingkisan kepada para penghibah tanah oleh Bupati Nias Selatan bersama dengan Forkopimda. Berkat dukungan semua pihak sehingga seluruh rangkaian kegiatan dapat terlaksana dengan aman, tertib dan lancar karena para Kepala Desa dan Ketua BPD saling bekerjasama. 


Dengan Koordinator Tim Tasuluimbowo Sarumaha (Kepala Desa Hilifarokha Lawa),  Sekretaris Tim Antonius Sarumaha,M.P (Sekretaris Desa Siwalawa),  dan Bendahara Tim Laskar Sarumaha (Sekretaris Desa Hilifarokhalawa), serta dibantu oleh pembawa acara Walaupun Sarumaha,S.Pd.,M.A.,M.I.P selaku Ketua BPD Siwalawa.


Gotongroyong massal itu turut hadir Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., Ketua DPRD, Elisati Halawa,ST., Wakil Ketua DPRD, Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,MM., Ketua Komisi III DPRD, Pegangan Dakhi, Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Jun Lucky Boy Siburian,M.Tr.Hanla., Kapolres Nias Selatan, AKBP Arke Furman Ambat,S.I.K., Dandim 0213/Nias yang diwakili Danramil 12/Telukdalam, Mayor (Inf) Hatianus Zega, Kepala OPD dan Camat Fanayama, Arifman F. Wau. 


Selain itu juga turut hadir Kepala Dinas PUPR, Erwinus Laia, S.Sos.,MH.,MM., Kepala Dinas Kominfo, Sokhinaso Giawa,SH, Kaepala Dinas Pertanian, Ir. Norododo Sarumaha,MM., Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Seksama Sarumaha,S.IP.,M.A., Camat Fanayama, Arifman F. Wau, para Kepala Desa, Ketua BPD dan Tokoh Masyarakat serta LSM dan Pers. (diskominfonisel).

Suara Nias

Sisara Afo Suara Nias

SuaraNias.Com merupakan media online yang berkedudukan di Kepulauan Nias, Media ini mengabarkan sejumlah informasi terhangat baik dari dalam Kepulauan Nias maupun diluar Kepulauan Nias. Ya'ahowu

Subscribe to this Blog via Email :