25 November 2020

Suara Nias

Ama Nifatoro Laia: Program Hilarius Duha Sudah Dinikmati Masyarakat Nisel

 



Nias Selatan, SuaraNias.Com - Program masa Pemerintahan Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha selama 4 tahun lebih, sudah dinikmati masyarakat.


Hal ini disampaikan Ama Nifatoro Laia mewakili tokoh adat Desa Hilinamoniha dan Desa Hiliasi Kecamatan Toma, saat kunjungan Paslon nomor urut 1, Hilarius Duha-Firman Giawa (HD-Firman) Senin, (23/11/2020) malam di Desa Hilinamoniha Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan.


Dia mengatakan, kedatangan Paslon HD-Firman di Desa Hilinamoniha ini merupakan kesempatan bagi dua desa untuk bertatap muka dalam menyampaikan saran dan aspirasi.


Ia menuturkan, program pembangunan yang dilakukan oleh Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha dimasa pemerintahannya, sudah dirasakan oleh masyarakat, khususnya Desa Hilinamoniha dan Desa Hiliasi.


"Saat ini, para petani tidak lagi memikul hasil panennya, karena jalan menuju kebun sudah dapat dilalui kendaraan. Para nelayan juga mendapatkan bantuan perahu, para ASN nyaman dan pembayaran gaji tepat waktu," bebernya.


Untuk itu, dia mengajak masyarakat agar memilih Paslon nomor urut 1 HD-Firman pada tanggal 9 Desember 2020.


Calon Bupati Nisel, Hilarius Duha, didampingi Cawabup, Firman Giawa dalam sambutannya mengatakan bahwa visi mereka, yakni “Nias Selatan Maju, Masyarakat Sejahtera”. Sedangkan Misi mereka, adalah menciptakan kultur serta karakter yang bersih, jujur, transparan dan berorientasi pada pelayanan.


Ia menandaskan, pemerataan pembangunan menjadi skala prioritas pasangannya jika di izinkan Tuhan dan didukung oleh masyarakat.


"Pembangunan dimaksud diantaranya, pembangunan jalan, jembatan dan sebagainya. Termasuk meningkatkan sumber daya manusia yang sehat, berkualitas, berdaya saing serta kreatif dan inovatif, dengan pemberian bantuan beasiswa, baik di dalam daerah maupun diluar Kabupaten Nias Selatan," ujarnya.


Tak hanya itu, namun termasuk program pengembangan perekonomian masyarakat yang produktif dan tidak konsumtif, seperti di bidang  pertanian melalui pembukaan lahan, pemberian bibit dan alat pertanian. “Bidang perikanan dan kelautan, dengan pemberian bantuan alat tangkap ikan dan 1001 kolam atau program 1000 ekor ikan dalam 1 kolam. Sedangkan, program bidang pariwisata melalui pengembangan potensi wisata dan lain sebagainya,” terangnya.


Memberikan rasa aman dan nyaman ditengah masyarakat juga menjadi program pihaknya. “Artinya, apapun program pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat, kalau tidak ada kenyamanan, itu tidak ada artinya,” ungkapnya.


Ia juga mengucapkan terimakasih atas dukungan masyarakat dalam memberikan rasa aman dan nyaman di tengah-tengah masyarakat selama ia memimpin Nias Selatan selama 4 tahun lebih.


Ketua umum Tim Pemenangan dan Tim Kampanye pasangan HD-Firman juga sebagai Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan, Elisati Halawa, menyebut, masyarakat dapat melanjutkan yang terbaik sesuai yang sudah dimulai oleh Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, untuk Kabupaten Nias Selatan.


Dia bersama teman-temannya, mau mengikuti kemana pasangan nomor urut 1 HD-Firman berkunjung. "Itu dilakukan karena hanya untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa apa yang telah dilakukan oleh Hilarius Duha, betul-betul untuk kepentingan seluruh masyarakat Kabupaten Nias Selatan," tukasnya.


Dia mengaku, dengan sering bersama Hilarius Duha, ia merasakan banyak hikmat kebijaksanaan. Hal itu, kata dia, menjadi pedoman baginya dalam memimpin lembaga DPRD Kabupaten Nias Selatan, yakni mengutamakan kepentingan umum.


Elisati menegaskan, pemberian insentif untuk para hamba Tuhan dan untuk para janda, tidak ada dasar hukum. Sehingga pemberian insentif kepada para hamba Tuhan pada tahun 1015 lalu menjadi masalah hukum, sehingga ASN yang tersandung dalam kasus tersebut, masuk penjara dan dipecat dari ASN.


Dia juga menambahkan, salah satu program pasangan nomor urut 1, HD-Firman yang menyentuh kepentingan masyarakat banyak, yakni pemberian bibit ternak babi. "Ini sudah dianggarkan untuk tahun 2021. Selain itu, ada juga program 1001 kolam atau program pemberian bantuan 1000 ekor bibit ikan dalam satu kolam. Hal ini, guna memenuhi kebutuhan protein bagi masyarakat Kabupaten Nias Selatan," paparnya.(*)










sumber: LiniPost

Suara Nias

Sisara Afo Suara Nias

SuaraNias.Com merupakan media online yang berkedudukan di Kepulauan Nias, Media ini mengabarkan sejumlah informasi terhangat baik dari dalam Kepulauan Nias maupun diluar Kepulauan Nias. Ya'ahowu

Subscribe to this Blog via Email :