26 November 2020

Suara Nias

Pjs. Bupati Nisel: Dinas Kesehatan Kekuatan Kita


Nias Selatan, SuaraNias.Com - Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Nias Selatan (Nisel), dr. Ria Novida Telaumbanua,M.Kes., mengatakan dinas kesehatan merupakan kekuatan kita dalam penanganan Corona Virus Disease (Covid-19), sehingga meminta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nisel agar semua kondisi dapat dimapping dengan baik.


Hal ini dikatakan Pjs. Bupati Nisel, Ria Novida Telaumbanua saat melakukan kunjuangan perdana di Kantor Dinas Kesehatan, Jalan Saonigeho Km. 3,5 Telukdalam, Kamis (01/10). Pada saat kunjungannya, Ria Novida Telaumbanua mengatakan Gubernur Sumatera Utara telah membentuk Satuan Tugas Khusus (Satgasus) penanganan Covid-19 di Kepulauan Nias agar menjadi zona hijau.


“Mengapa saya lebih duluan berkunjung di Dinas Kesehatan untuk mengecek kesiapan tenaga medis kita sekaligus melihat secara langsung kondisi fasilitas kesehatan yang ada. Saya mengajak kita semua harus bergerak untuk memutus rantai Covid-19 di Kabupaten Nias Selatan. Saya diangkat Gubernur sebagai pejabat sementara Bupati Nias Selatan, maka saya akan memberdayakan kita (semua unsur) untuk bersama-sama dalam penanganan Covid-19,” ujar Ria Novida Telaumbanua. 


Pjs. Bupati Nisel meminta Kepala Dinas Kesehatan agar pada hari berikutnya memaparkan dalam bentuk slide perkembangan penanganan Covid di Nisel termasuk jumlah tenaga medis dan kondisi fasilitas kesehatan yang ada. “Saya mau katakan disinilah (Dinas Kesehatan) kekuatan kita, maka saya minta Kepala Dinas Kesehatan agar semua kondisi dapat dimapping dengan baik dan dipaparkan dalam bentuk slide,” harap Pjs. Bupati, Ria Novida Telaumbanua.


Selanjutnya, Ria Novida Telaumbanua menandaskan bahwa tenaga kesehatan yg sering kontak dengan pasien Covid-19 harus diswab untuk mengetahui kondisi tenaga kesehatan kita. "Kalau daerah kita ini nol (tanpa Covid), maka ini bisa menjadi contoh di daerah lain. Jangan dianggap Covid-19 tidak ada apa-apa. Sehingga diharapkan kepada kita semua untuk mensosialisasikan kepada masyarakat dengan benar tentang pencegahan dan gejala Covid-19," tandas Ria Novida Telaumbanua.


Pada kunjungan Pjs. Bupati tersebut, Kepala Dinas Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Nisel, dr. Henny Duha,MM., melaporkan secara singkat perkembangan penanganan Covid-19. Ia juga melaporkan jumlah reaktif Covid-19 sebanyak 39 orang, positif Covid sebanyak 7 (tujuh) orang dan yang sembuh 6 (enam) orang. "Pasien reaktif ini sedang diisolasi di Rusunawa Angkatan Laut Nias dan Hotel Yonnas Telukdalam," sebut Heni Duha.


Heni Duha juga menyebutkan jumlah Puskesmas sebanyak 36 dari 35 Kecamatan. Kemudian Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Seksi SDMK, Agus Berliana Dachi,SKM., menyampaikan jumlah pegawai Dinkes sebanyak 100 orang, terdiri dari Kepala Bidang 4 orang, dan Kepala Seksi 12 orang. Berikutnya dari 36 Puskesmas masih ada 6 (enam) Puskesmas belum ada tenaga dokternya, Puskesmas Simuk, Hilianombasela, Labuhan Hiu, Pulau-Pulau Batu Barat, Ulu Idanotae dan Hilimegai.


Jumlah dokter di Nisel hanya 35 orang diantaranya ada beberapa dokter spesialis dan berstatus PNS, yakni: dr. Fanny Hondro spesialis anak, dr. Ivolay Dachi spesialis obgyn tugas belajar biaya daerah, dan ada yg sedang mengambil spesialis dengan tugas belajar dan biaya sendiri, yaitu: dr. Rosida Hanum spesialis paru, dr. Tigor spesialis bedah, dr. Budi spesialis obgyn, dr. Perdana Sihite spesialis penyakit dalam. Tetapi hingga saat ini belum pulang untuk mengabdi di daerah. Sedangkan dr. Citra telah berakhir masa kontrak sebagai dokter spesialis penyakit dalam.


Setelah kunjungan di Kantor Dinas Kesehatan, Pjs. Bupati Nisel mengunjungi tempat isolasi reaktif Covid-19 di Rusunawa Angkatan Laut Nias Baloho Indah Telukdalam dan Hotel Yonnas Jalan Pasir Putih Telukdalam. Kemudian diakhiri dengan kunjungan di Rumah Sakit Umum Daerah Lukas Hilisimaetano. 


Pjs. Bupati Nisel memesan kepada Direktur RSUD Lukas, dr. Dian Fau agar melakukan gotong royong untuk membersihkan dan membereskan lingkungan rumah sakit sebagaimana layaknya sebuah rumah sakit yang baik. Kunjungan itu dilakukan seusai mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 secara virtual, di ruang Vidcon Polres Nias Selatan, Jalan M. Hatta Kelurahan Pasar Telukdalam. (tim)

Suara Nias

Sisara Afo Suara Nias

SuaraNias.Com merupakan media online yang berkedudukan di Kepulauan Nias, Media ini mengabarkan sejumlah informasi terhangat baik dari dalam Kepulauan Nias maupun diluar Kepulauan Nias. Ya'ahowu

Subscribe to this Blog via Email :