15 Mei 2018

Suara Nias

Langkah Mudah Mengubah Ide Jadi Kenyataan

SuaraNias.Com, Mungkin banyak sekali ide-ide kreatif yang bermunculan dari setiap orang, namun sayangnya banyak orang pula yang kesulitan dalam mengubah ide-ide tersebut menjadi kenyataan. Padahal ide-ide tersebut bisa saja menjadi awal untuk membuka peluang bisnis atau usaha tertentu. Lalu bagaimana cara mudah untuk mengimplementasikan ide-ide tersebut menjadi kenyataan. Nah berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.
1. Ungkapkan ide kepada orang lain
Hal yang bisa dilakukan untuk mengubah ide yang dimiliki menjadi sebuah kenyataan adalah dengan mencoba memberitahukan pada orang lain. Seringkali beberapa orang hanya menyimpan ide-ide kreatif tersebut karena takut, baik itu takut akan gagal, takut ditiru, dan lainnya. Padahal rasa percaya diri bisa dijadikan sebagai modal awal untuk berbisnis. Dengan adanya kepercayaan diri, anda bisa mengubah ide tersebut menjadi konsep yang berpola.
2. Mencari partner
Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mencari partner yang sesuai dengan anda. Dalam dunia berbisnis, tentunya akan banyak sekali rintangan yang dihadapi. Dengan adanya partner yang memiliki visi yang sama akan membantu untuk menghadapi rintangan yang dihadapi selama berbisnis. Lakukan hal apapun agar partner anda tidak berpaling apalagi ketika anda mengalami banyak masalah dalam berbisnis.
3. Mulailah dari skala kecil
Setelah menemukan partner yang sesuai dengan anda, maka anda bisa memulai ide yang sudah dirancang sebelumnya. Namun meskipun begitu, tentunya bisnis yang dijalankan tidak akan langsung menjadi besar. Anda perlu menempuh perjalanan yang panjang untuk mencapai kondisi tersebut. Cobalah untuk memulainya dari skala kecil terlebih dahulu. Yang paling penting adalah harus berani untuk meluncurkan ide tersebut ke publik. Lakukan lah hal tersebut dalam skala yang kecil dan nikmati proses yang ada.
4. Manfaatkan Prasarana yang ada
Anda juga bisa menggunakan prasarana yang ada secara gratis untuk mengimplementasikan ide-ide yang dimiliki. Anda bisa mencoba menggunakan dropbox, untuk menyimpan dan menyinkronisasi dokumen-dokumen yang dimiliki dalam sebuah project. Sehingga lebih menghemat biaya yang digunakan dalam perintisan bisnis.
5. Bangun Koneksi
Dalam membangun sebuah bisnis, tentunya anda membutuhkan konektor yang handal. Sehingga anda perlu membangun sebanyak mungkin relasi-relasi yang ada. Anda bisa mendapatkan relasi dari komunitas, pameran, seminar dan lainnya. Cobalah untuk menghadiri berbagai pertemuan di forum-forum tersebut untuk menambah relasi yang bermanfaat untuk perkembangan bisnis anda.
Selain menambah koneksi ke enterpreuner-enterpreuner, anda juga perlu menambah koneksi kepada orang-orang yang berprofesi di luar enterpreuner. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari relasi seperti ini, salah satunya yaitu membantu untuk menghadapi realita sebenarnya.
6. Kelilingi diri dengan orang yang mendukung
Dalam mengungkapkan ide-ide kreatif yang dimiliki, tentunya tak semua orang akan mendukung ide tersebut. Bahkan beberapa orang bisa saja mencibir ide yang dimiliki. Untuk itu, akan lebih baik jika memilih untuk bersama orang-orang yang memiliki pemikiran positif untuk mendukung ide anda. Jangan terlalu menanggapi orang-orang yang hanya mencibir, karena bisa saja mental anda menciut nantinya. Dengan dikelilingi orang-orang yang pemikiran positif, dapat membantu mewujudkan ide-ide kreatif tersebut.
7. Menjaga diri sendiri
Meingmplemetasikan sebuah ide menjadi kenyataan tentunya bukanlah hal yang muda, bahkan anda bisa saja menjadikannya realita dalam waktu yang cukup lama. Hal ini terkadang membuat banyak orang menjadi stres. Namun jangan sampai hal tersebut terjadi pada ada. Jaga selalu kualitas dan kinerja anda agar tidak menurun. Jangan lupa pula untuk menjaga kesehatan fisik dan mental dengan melakukan hal-hal berikut seperti tidur, olahraga teratur, makan cukup.
Jangan Takut Mengubah Ide-Ide Anda Menjadi Kenyataan
Ketika memiliki ide-ide yang brilian, janganlah takut untuk mengubahnya menjadi kenyataan. Tanamkan rasa percaya diri pada diri sendiri dan wujudkan ke dalam sebuah aksi. Siapa tahu, ide-ide di dalam pikiran anda tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang cukup potensial kedepannya.

Suara Nias

Sisara Afo Suara Nias

SuaraNias.Com merupakan media online yang berkedudukan di Kepulauan Nias, Media ini mengabarkan sejumlah informasi terhangat baik dari dalam Kepulauan Nias maupun diluar Kepulauan Nias. Ya'ahowu

Subscribe to this Blog via Email :