>


Kejari Nisel, Hentikan Penuntutan Tindak Pidana Pengancaman Lewat Restoratif Justice


Nias Selatan
, suaranias.com - Kejari Nias Selatan Mukharom SH, MH Melaksanakan Restorative Justice Kepada ke Dua Pihak Keluarga antara Korban dan pelaku Terkait kasus pengancaman.Dalam hal ini tersangka Wahyu Arel Budiman Zamili (32) tahun alias Wahyu, warga Desa Hilitobara Kecamatan Telukdalam dan saksi korban Adolota Ganumba alias Ama Teri. Dengan perkara hasil penyidikan Nomor : BP/26/VIII/RES.1.6/2021/RESKRIM dalam perkara Tindak Pidana dengan pengancaman. Kamis (24/3/2022).

Dalam hal ini Kronoligisnya, tersangka dan saksi korban saling mengklaim hak milik kebun kelapa yang terletak di Jalan Baloho Indah Kelurahan Pasar Teluk Dalam, hingga terjadi tindak pidana dengan pengancaman.

"Untuk menghentikan penuntutan terhadap tersangka tersebut dilakukan atas dasar keadilan Restoratif Justice  Sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang Pasal 3 ayat (2) huruf e Perjak Nomor 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif", Ujar Mukharom.

Lebih lanjut, Kepala kejaksaan Negeri Nias Selatan "Mukharom SH, MH",   Menyampaikan Kepada awak media  Restorative Justice Adalah sebuah pendekatan yang ingin mengurangi kejahatan dengan menggelar pertemuan antara korban dan terdakwa, dan kadang-kadang juga melibatkan para perwakilan masyarakat secara umum. Tujuannya adalah untuk saling  membahas siapa yang dirugikan oleh kejahatannya, dan bagaimana mereka bisa bermusyawarah mengenai hal yang harus dilakukan oleh pelaku untuk menebus kejahatannya. 

Terkait kasus tersebut, salah seorang keluarga tersangka menyampaikan berterimakasih dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kejari Nisel "Mukharom SH, MH",    beserta Jaksa yang menangani kasus saudara saya ini, atas kasusnya kiranya menjadi pengalaman berharga kepada saudara saya ini",Tuturnya.

Lebih lanjut, keluarga tersangka tak lupa juga berterimaksih kepada saksi korban yang telah membuka hatinya dan mau memafkan adik saya ini hingga berujung perdamaian, "Terimakasih", tutupnya.

Pada Saat itu turut hadir Kejari Nisel Mukharom SH MH turut di dampingi oleh Kasi Pidum Juni Kristian Telaumbanua SH MH, Kasi Intel Satria D.Putra Zebua SH dan Kasubbagbin (JPU) Bowoaro Gulo SH.


(Elwin Duha)

Masukkan alamat email anda untuk menerima update berita: